Tips Membuat Iklan di Facebook dengan Budget yang Terbatas

 
Tips Membuat Iklan di Facebook

Tips Membuat Iklan di Facebook

Jika Anda memiliki sebuah bisnis online dan ingin menggunakan Facebook untuk beriklan, maka Anda harus mengerti bagaimana trik menggunakan iklan di Facebook. Khususnya jika Anda memiliki alokasi budget atau dana yang terbatas untuk iklan.

Dengan banyaknya pilihan untuk memfilter target market ketika beriklan di Facebook, sebenarnya Anda bisa sangat fleksibel ketika mempromosikan bisnis atau produk Anda.

Berikut ini adalah tiga tips dalam beriklan di Facebook dengan budget yang terbatas.

1. Tentukan Budget Iklan

Sejak awal Anda harus menentukan budget atau dana yang akan digunakan untuk beriklan. Berapa dana yang ingin Anda habiskan setiap harinya untuk mendapatkan member atau bahkan penjualan dari iklan Facebook.

Anda bisa menentukan budget mulai dari nilai yang kecil terlebih dahulu, misalnya $3 – $5 per hari. Nilai yang kecil ini cukup bermanfaat Khususnya jika Anda sedang melakukan uji coba efektifitas dari bentuk iklan Anda.

Jika Anda sudah menemukan bentuk iklan yang efektif dan berkinerja baik, Anda bisa menaikkan budget harian menjadi $15 – $30.

2. Tentukan Tujuan Beriklan

Secara garis besar, beriklan di Facebook memiliki dua tujuan, yang pertama yaitu membentuk audience atau member. Dan tujuan yang kedua adalah penjualan.

Tujuan pertama sangat bagus jika Anda ingin membangun merek bisnis Anda, yaitu dengan penambahan likes di Fans Page Facebook yang Anda miliki.

Metode ini sebenarnya merupakan strategi bisnis jangka panjang, karena Anda tidak akan langsung mendapatkan penjualan dari beriklan.

Namun Anda bisa mempromosikan produk Anda kepada para member Anda untuk seterusnya di kemudian hari.

Sementara tujuan kedua sangat bagus jika Anda ingin segera mendapatkan hasil dari beriklan di Facebook, yaitu mendapatkan omset dari penjualan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

3. Perhatikan dan Analisa Hasil Iklan

Langkah ini tidak kalah penting dari rangkaian kegiatan beriklan di Facebook. Anda harus mengetahui bagaimana hasil dari iklan yang Anda jalankan, apakah sesuai dengan harapan atau tidak.

Dengan mengetahui kinerja dari iklan Anda, Anda bisa melakukan perbaikan atau bahkan melakukan investasi yang lebih besar di iklan Anda untuk memperbesar skala bisnis online Anda.

Analisa sederhana misalnya saja Anda bisa menghitung Return of Investment (ROI) dari iklan Anda. Berapa biaya yang telah dihabiskan dan berapa penghasilan atau jumlah page likes yang Anda dapatkan.

Dengan melakukan ketiga tips di atas, Anda bisa mengontrol pengeluaran iklan Anda di Facebook. Apakah biaya yang Anda keluarkan sudah memberikan hasil sesuai keinginan Anda atau belum, sehingga Anda bisa mengukur perkembangan bisnis Anda khususnya jika menggunakan iklan di Facebook.

Post a Comment