Apa itu SEO - Cara kerja SEO dan Jenis-Jenis SEO

Cara kerja SEO dan Jenis-Jenis SEO
Ada lebih dari 1,5 miliar situs web di internet. Tetapi apakah Anda pernah bertanya-tanya mengapa hanya beberapa situs web yang muncul di hasil teratas saat Anda mencari sesuatu?

Sesuai data internetlivestats.com, ada lebih dari 1,5 miliar situs web di dunia. Tetapi setiap kali Anda mencari sesuatu, selalu ada beberapa situs web yang muncul di bagian atas hasil pencarian. Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa ini terjadi? Itu semua karena SEO.

Apa itu SEO atau Search Engine Optimization?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Ini adalah proses mengoptimalkan situs web atau halaman Anda sedemikian rupa sehingga peringkatnya semakin tinggi dalam hasil pencarian mesin pencari.

Tapi itu definisi teknisnya. Secara sederhana, ini adalah proses membuat situs web Anda dan konten di dalamnya sedemikian rupa sehingga setiap kali seseorang mencari kueri di niche atau kategori Anda, Anda muncul di hasil teratas.

Tiga cara untuk mengarahkan lalu lintas

Katakanlah Anda menulis artikel atau posting di situs web atau blog Anda. Sekarang Anda memiliki tiga cara untuk mengarahkan pengunjung ke artikel atau postingan Anda.
  • Yang pertama adalah dengan membagikannya di media sosial. Sekarang jika Anda adalah seseorang dengan pengikut sosial yang besar, Anda dapat mengarahkan banyak pengunjung ke pos Anda. Tetapi jika Anda tidak memiliki banyak pengikut maka Anda hampir tidak akan mendapatkan sedikit pengunjung di blog Anda.
  • Metode kedua untuk mengarahkan lalu lintas ke blog Anda adalah dengan menjalankan iklan. Tetapi sekali lagi jika Anda ingin mengarahkan jumlah lalu lintas yang baik melalui iklan, maka Anda juga harus mengeluarkan biaya . Anda ingin jumlah lalu lintas yang baik tetapi juga tidak ingin mengeluarkan uang. Jadi apa solusinya?
  • Solusinya adalah metode ketiga yaitu SEO dimana mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo mengirimkan traffic ke website Anda. Tapi disini kita hanya akan membahas Google saja.

Poin penting tentang SEO

Tetapi dengan semua hal bagus ini, ada sesuatu tentang SEO yang harus Anda pikirkan. SEO adalah proses yang memakan waktu. Dengan semua kompetisi ini, Anda tidak dapat mengharapkan peringkat di hasil teratas dalam beberapa hari.

Diperlukan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk muncul di hasil teratas mesin pencari. Untuk kata kunci yang sangat kompetitif, bisa memakan waktu bertahun-tahun. SEO adalah topik yang sangat luas dan praktis tidak mungkin untuk membahasnya dalam satu artikel.

Bagaimana cara kerja SEO?

Google memiliki lebih dari 200 faktor berbeda untuk memutuskan apakah akan memberi peringkat atau tidak pada konten tertentu. Anda memulai dengan mengirimkan Peta Situs situs web Anda di Google Search Console, yang sebelumnya dikenal sebagai Google Webmaster.

Apa itu peta situs?

Setiap kali Anda membaca buku, Anda akan melihat bahwa di akhir atau di awal buku ada indeks. Peta situs sama seperti indeks untuk situs web Anda. Melalui peta situs ini, Google mengindeks situs web Anda di basis datanya.

Apa itu Google Search Console?

Ini adalah alat atau layanan web oleh Google yang memungkinkan Anda untuk mengindeks situs web Anda di database Google. Melalui Google Search Console, Anda dapat mempelajari dan memahami mengapa situs web Anda berkinerja baik atau buruk dalam hasil organik.

Mirip dengan Google Search Console, Bing memiliki Bing Webmaster dan Yahoo memiliki Yahoo Webmaster. Setelah mengirimkan peta situs, Google mulai mengumpulkan data tentang situs web Anda dengan bantuan perayap.

Apa itu crawler?

Seperti namanya, ini adalah bot yang merayapi situs web Anda dan mengumpulkan data tentang situs web Anda.

Melalui data ini, algoritme Google memutuskan apakah konten Anda harus berada di atas atau tidak.

Namun yang mengejutkan adalah, tidak ada yang tahu persis bagaimana algoritma Google bekerja. Menurut searchengineland.com, 500 hingga 600 pembaruan dibuat dalam algoritme Google setiap tahun. Itu berarti setidaknya satu pembaruan setiap hari.

Beberapa di antaranya adalah perubahan yang sangat besar sementara beberapa sangat kecil sehingga orang bahkan tidak menyadarinya.

Berbagai jenis SEO

Sekarang mari kita baca berbagai jenis SEO. SEO dapat dikategorikan menjadi tiga jenis: SEO On-Page, SEO Off-Page, dan SEO Teknis.

Sekali lagi masing-masing dari mereka adalah topik besar dalam dirinya sendiri. Jadi, dalam video artikel, kita hanya akan melihat masing-masing secara singkat.

1. SEO di Halaman

Anda mengoptimalkan konten halaman web atau situs web Anda untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian. Pada dasarnya, ini berisi faktor-faktor yang dapat Anda ubah untuk peringkat lebih tinggi.

Sebagai contoh:

  • Mengoptimalkan meta title, meta description, heading, URL, konten pada halaman, dan beberapa faktor lainnya. Semua ini ada dalam kendali Anda.
Jadi, Anda mengambil tindakan dan mengoptimalkannya, seperti memasukkan kata kunci di tag meta dan URL. Semua perubahan ini dilakukan di situs web atau halaman web itu sebabnya disebut SEO On-Page.

2. SEO di luar halaman

Ini termasuk faktor eksternal dan tindakan yang mempengaruhi peringkat Anda dalam hasil pencarian.

Sebagai contoh:

  • Tautan balik ke situs web atau halaman web Anda. Atau sinyal sosial seperti berapa banyak orang yang membagikan konten Anda. Backlink adalah faktor yang sangat penting dalam SEO.
Namun, Anda tidak dapat mengontrol apakah seseorang ingin menautkan kembali ke situs web Anda atau tidak. Demikian pula, Anda tidak dapat mengontrol berapa banyak orang yang akan membagikan konten Anda.

Dan karena semua ini adalah faktor-faktor yang tidak berada dalam kendali Anda dan diambil di luar situs web, maka ini disebut SEO Off-Page.

3. SEO teknis

Seperti yang sudah Anda tebak dari namanya, ini berisi semua bagian teknis SEO. SEO Teknis mencakup faktor-faktor seperti kecepatan halaman, peta situs, kesalahan seperti tautan rusak, dll. Ada banyak faktor lain dalam SEO Teknis yang akan kita bahas di artikel lain.

Jika kita melalui pendekatan tersebut, kita dapat mengklasifikasikan SEO menjadi 3 jenis lainnya yaitu: White Hat SEO, Black Hat SEO, dan Grey Hat SEO. Saya akan berbagi beberapa baris tentang masing-masing.

SEO Topi Putih

Jika Anda tidak melanggar aturan dan pedoman mesin pencari agar peringkat lebih tinggi. Atau jika Anda mempraktikkan semua teknik etis dan menjaga integritas situs web Anda, maka itu adalah White Hat SEO.

SEO Topi Hitam

Dan kebalikan dari white hat SEO, jika Anda melanggar aturan mesin pencari. Atau jika Anda mencoba untuk menyenangkan algoritme dengan melanggar syarat dan ketentuan, itu disebut Black Hat SEO.

Singkatnya, di Black Hat SEO, alih-alih berfokus pada audiens manusia, Anda berfokus pada algoritme. Isian kata kunci adalah contoh Black Hat SEO.

Saya tidak akan pernah menyarankan Anda untuk berlatih teknik topi hitam. Karena itu akan merugikan Anda dalam jangka panjang. Cepat atau lambat itu akan merugikan merek dan bisnis Anda. Dan Anda mungkin juga akhirnya mendapatkan situs web Anda dihukum.

SEO Topi Abu-abu

Ini adalah sesuatu yang bukan topi putih atau topi hitam. Misalnya, menggunakan Jaringan Blogging Pribadi atau melakukan pertukaran tautan. Anda tidak bisa memastikan apakah ini akan melanggar ketentuan atau tidak.

Tapi tetap saja, Anda harus menghindari berlatih teknik SEO topi hitam dan topi abu-abu. Semua ini tentang SEO tapi tetap saja, sebuah pertanyaan besar masih belum terjawab.

Mengapa SEO itu penting?

Mengapa Anda harus menggunakan SEO sebagai strategi untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda? Jika saya mulai tentang pentingnya SEO, Artikel ini tidak akan pernah berakhir.

Jadi saya hanya akan membahas beberapa poin penting tentang mengapa SEO itu penting.
  1. Poin pertama adalah definisi SEO. Ini membantu situs web Anda untuk peringkat lebih tinggi dan lebih tinggi dalam hasil pencarian. Jika dilakukan dengan benar, Anda dapat mengarahkan banyak pengunjung ke situs web atau blog Anda.
  2. Kedua, membangun kepercayaan dan kredibilitas pada merek atau bisnis Anda. Anda bisa mendapatkan hasil teratas dengan menjalankan iklan juga. Tetapi jika Anda mendapatkan hasil pencarian secara organik, itu akan meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas merek Anda.
  3. Dan juga SEO relatif murah. Anda dapat menyewa agensi dan pemasar digital untuk SEO untuk situs web Anda. Tapi tetap saja, ini lebih murah karena Anda mendapatkan banyak pengunjung ke situs web Anda secara organik dan Anda tidak membayar mesin pencari apa pun untuk itu.
SEO juga berdampak pada siklus pembelian. Ini adalah waktu internet dan sebelum membeli apa pun, orang cenderung memeriksa ulasan. Ini juga dapat membantu Anda meningkatkan pendapatan.

Katakanlah Anda memiliki toko pakaian. Sekarang jika seseorang mencari 'toko pakaian di dekat saya dan Anda berada di peringkat teratas.

Jadi, ini adalah beberapa poin dari saya untuk membantu Anda memahami apa itu SEO dan cara kerjanya, serta pentingnya SEO.

Posting Komentar